Senin, 21 Februari 2011

Profil Sule (OVJ)

Setelah menelusuri panggung dunia komedi di sepanjang 2009, akhirnya saya menyimpulkan satu nama yang layak dinobatkan sebagai pelawak terbaik dan terlaris Indonesia 2009. Dialah Sule. Apa alasan saya menobatkan Sule sebagai komedian yang paling laris, sekaligus yang terbaik?

Nanti anda akan mengetahuinya usai menyimak postingan ini secara tuntas.
Sekilas perjalanan karir Sule.

Pertama kali saya mengenal Sule yaitu lewat sebuah acara televisi (reality-show) SuperStar Show yang ditayangkan Indosiar, kira-kira 2 tahun yang lalu. Dalam acara berupa kontes nyanyi secara berpasangan tersebut, Sule akhirnya menjadi juara. Waktu itu dia berduet dengan Jaja.

Karakternya yang unik, multy-talented, dan humoris membuat duet Sule-Jaja dengan mudah disukai dan dikenal para pemirsa acara SuperStar. Saya pun waktu itu (sebagai penonton setia acara SuperStar) punya feeling, bahwa karir Sule usai kelarnya acara tersebut akan menanjak di dunia entertain.

Ternyata terbukti kemudian. Terhitung semenjak usai menjuarai event SuperStar, Sule pun mulai sering tampil di layar kaca (televisi). Dari menjadi presenter (MC), bintang tamu talkshow, pengisi acara musik, hingga menjadi komedian/pelawak seperti saat ini.

Acara tv yang mempopulerkan Sule.

Khusus untuk tahun 2009, saya amati Sule LARIS MANIS. Job yang diterimanya di dunia hiburan Indonesia tergolong cukup banyak. Anda yang sering nonton tv pada malam hari mungkin sudah tidak asing lagi dengan ta
mpangnya yang keren..(boong bgt sih)
Acara tv yang bisa dibilang mempopulerkan Sule (selain SuperStar) yaitu OKB, Opera Van Java, dan Awas Ada Sule. Dua yang pertama tayang di Trans7. Sedangkan yang terakhir (Awas Ada Sule) ditayangkan di Global Tv. Jika anda penggemar acara komedi atau sitkom, anda pasti sudah cukup familiar dengan ketiga acara itu.

Sebelum terjun ke 3 acara komedi tersebut, setahu saya Sule juga menjadi MC di sebuah acara musik dangdut di TPI. Mungkin anda tahu acara tv lainnya yang pernah melibatkan Sule? Silakan ditambahkan di kolom komentar kalau ada.

Kelebihan Sule sebagai seorang komedian/pelawak.

Menurut saya pribadi, Sule memang punya talenta tersendiri yang membuat ia layak disejajarkan dengan Tukul Arwana, Komeng, Eko Patrio, Parto, maupun Olga Syahputra (yang sempat dinobatkan sebagai 5 Pelawak Termahal Di Indonesia).

Yang patut diapresiasi, Sule juga bukan tergolong pelawak dadakan. Ia sepengetahuan saya memang memulai dari NOL (dalam menapaki karir di dunia entertain). Popularitas yang dicapainya sekarang bukanlah secara instan, namun berkat kegigihan dan perjuangan. Di samping talenta unik yang memang dianugerahkan Yang Maha Kuasa padanya.

Apa sih yang menjadi nilai plus Sule?
  1. Dia punya kemampuan spontanitas lelucon yang tergolong bagus.
  2. Dia punya kemampuan blocking yang lumayan.
  3. Dia punya karakter melucu yang kuat dan unik.
Ketiga poin tersebut sudah cukup untuk membuat Sule mengalami banjir job di sepanjang tahun 2009 kemarin. Ratting acara tv yang melibatkan ia pun tergolong cukup bagus. Itu menyiratkan bahwa ia disukai oleh penonton. Bahkan menurut saya, ia mulai ‘menyingkirkan’ pamor dan dominasi Komeng di kancah komedi televisi.

0 komentar:

Posting Komentar